Berita

Kaukus Perempuan Parlemen RI Gelar Pameran Foto

Senin, 08 Maret 2021 - 10:09
Kaukus Perempuan Parlemen RI Gelar Pameran Foto Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia akan menggelar pameran foto dan rangkaian talkshow. (FOTO: Kaukus Perempuan Parlemen RI)

TIMES KOTABARU, JAKARTA – Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia akan menggelar pameran foto dan rangkaian talkshow bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen: Jalan Harapan Bangsa." 

Pameran foto dan rangkaian talkshow dengan beragam topik terkini itu akan digelar 8-18 Maret 2021 di Selasar Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan.

Menurut rencana, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani akan membuka rangkaian acara pameran foto dan talkshow yang digelar oleh Koalisi Parlemen Perempuan Republik Indonesia (KPP-RI) itu pada Senin (8/3/2021).

Puan akan membuka acara pameran ini seusai pembukaan masa sidang ke-IV DPR RI. Puan juga sekaligus akan turut serta sebagai peserta pameran foto. Sebagai anggota legislatif perempuan yang menjadi pimpinan tertinggi di DPR RI, Puan akan memajang tiga foto pribadi pilihannya untuk ditampilkan di hadapan publik.

Ketua Presidium KPP-RI Diah Pitaloka mengatakan, kegiatan pameran foto dan rangkaian talkshow ini merupakan kesempatan apresiasi kepada perempuan parlemen Indonesia yang telah turut serta mewarnai pengambilan kebijakan di Tanah Air. 

Menurutnya, perjuangan perempuan untuk dapat duduk di kursi parlemen dan terlibat langsung dalam pembuatan keputusan tidaklah mudah. Sebab, mereka masih harus berjuang menghadapi stigma, dan kendala struktural maupun kultural sebagai perempuan. 

Selain itu kiprah mereka juga diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik terhadap perlindungan dan kesejahteraan kaum perempuan di berbagai bidang kehidupan.

"Perempuan dengan segala dinamikanya menghadapi tantangan tersendiri ketika akan terjun ke dunia politik. Hal ini penting untuk diapresiasi untuk terus memberikan semangat dan dukungan kepada perempuan agar terus terlibat aktif dalam pembangunan bangsa melalui politik," katanya.

Sebagai salah satu elemen masyarakat, menurut Diah, perempuan adalah faktor penting untuk menuju Indonesia Maju 2045. Sejumlah isu krusial di negeri ini sangat erat dan dekat dengan kehidupan perempuan. 

Isu lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, pemberdayaan komunitas, pembangunan desa, hingga teknologi informasi, adalah sebagian kecil dari isu-isu penting di mana perempuan terlibat aktif dan partisipatif.

Perempuan parlemen juga adalah kelompok kepentingan yang berkiprah dan terjun langsung dalam isu-isu penting tersebut. Oleh karenanya, dalam ajang pameran foto perempuan parlemen ini, publik akan dapat menyaksikan beragam wajah perempuan yang berkutat dengan bermacam-macam upayanya di parlemen maupun keseharian.

"Mereka akan tampil di daerah pemilihan, saat menyerap aspirasi dan suara konstituen, ketika rapat di ruang-ruang komisi, atau saat menemui elemen masyarakat. Berbagai hal akan terlihat dari pameran foto perempuan parlemen ini. Silakan nanti publik yang menilai bagaimana kiprah para perempuan di parlemen melalui foto-foto yang ditampilkan," kata Diah.

Pameran foto ini sekaligus juga menunjukkan sisi manusiawi para anggota legislatif perempuan. Mereka tidak hanya tampil serius, tetapi juga sederhana, dan apa adanya, layaknya manusia dengan berbagai dinamikanya. 

Sebanyak 124 anggota DPR perempuan, dan 42 anggota DPD perempuan yang turut serta dalam pameran akan menampilkan masing-masing tiga fotonya.

Selain pameran foto, rangkaian talkshow yang digelar juga ingin memberikan perspektif perempuan terhadap berbagai isu terkini. Para pembicara ialah anggota legislatif perempuan dengan beragam keahlian dan konsentrasi. 

Topik yang akan diangkat di dalam rangkaian talkshow antara lain ialah pemerintahan daerah, vaksinasi, pendidikan daring, perkawinan anak, pengembangan energi hijau, pengarusutamaan gender dalam pembangunan, pelestarian lingkungan hidup, dan wirausaha perempuan dalam akselerasi pemulihan ekonomi.

Diah mengatakan, keseluruhan acara dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women's Day) itu akan dilangsungkan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Rangkaian acara dan talkshow juga dapat disaksikan melalui akun media sosial (Youtube) Koalisi Perempuan Parlemen RI. 

Pameran foto dan rangkaian talkshow bertajuk "Kiprah Perempuan Parlemen: Jalan Harapan Bangsa" yang akan digelar Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi setiap perempuan di Tanah Air untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan Indonesia di berbagai bidang, termasuk politik.(*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kotabaru just now

Welcome to TIMES Kotabaru

TIMES Kotabaru is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.